Selasa, 09 April 2019

MENGAPA ANDA HARUS MEMPELAJARI BUDAYA DALAM BIDANG SISTEM INFORMASI

Posted by Wahyu Aryo Firmansyah on April 09, 2019 with 1 comment

Dosen : Dr EDY PRIHANTORO, MMSI
Mengapa kita harus mempelajari ilmu budaya dalam bidang Sistem informasi, pada kesempatan ini kita akan membahas hubungan antara ilmu budaya dan sistem informasi. Ilmu budaya dasar adalah suatu ilmu yang mempelajari dasar dan pengertian tentang konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah kebudayaan. Istilah ilmu budaya dasar dikembangkan di Indonesia sebagai pengganti istilah basic humanitisme yang berasal dari istilah bahasa inggris “The Humanities” yang artinya manusia berbudaya. 

Menurut Dr. Harsya Bachtiar bahwa ilmu pengetahuan dikelompokan dalam 3 kelompok antara lain ada : Ilmu-ilmu alamiah, ilmu-ilmu social dan pengetahuan budaya 


 Perkembangan yang terjadi antara Ilmu budaya dan sistem informasi sangatlah cepat. Dalam hubungan ini kita dapat membandingkan antara ilmu budaya dan sistem informasi sangat berpengaruh besar antara  keduanya. Pada umumnya masuknya budaya asing ke Indonesia sangat cepat perkembaganya melalui internet dan media cetak antara lain ada cara berkomunikasi, cara berpakaian dan gaya hidup. Tapi kita harus bangga karna dalam hal budaya Indonesia memiliki keanekaragaman budaya yang beraneka ragam. Globalisasi pada hakikatnya ternyata membawa nilai yang mempengaruhi gaya hidup masyarakat . melalui media yang kian terbuka, masyarakat menerima berbagai informasi dari seluruh dunia. Terutama masalah pornografi, dimana sekarang wanita-wanita Indonesia sangat terpengaruh oleh trend model dari amerika dan eropa yang dalam berbusana cendrung minim.

Pengaruh positif dari informasi yang berkembang di dunia bagi budaya yaitu pengetahuan budaya. Indonesia yang belakangan ini budayanya yang dimiliki  sering di akui atau di klaim oleh Negara lain kini seluruh dunia dapat melihat dan mengenal bagaimana kebudayaan Indonesia, sehingga seluruh dunia dapat tau bagaimana isi disetiap masing-masing Negara. Kehidupan bermasyarakat juga berdampak akibat perkembangan informasi tersebut, terutama pada perkembangan internet. Dampak dari pengaruh tersebut adalah kurangnya sikap gotong royong dari masyarakat, bekerja secara induvidualisme terlihat pada kehidupan kota. Hubungan social yang terjalin dimasyarakat kita bisa hanya menggunakan via hand phone memang cara itu praktis cepat dan mudah, akan tetapi tanpa mereka sadari tidak dapat bersilaturahmi secara langsung.

Kita dapat mengambil kesimpulan bahwa ilmu budaya dan sistem informasi adalah unsur yang saling terkain satu sama dengan lainya. Dalam hal pengetahuan dibidang teknologi pun kita tidak lepas dengan hal sistem. Jika tidak ada sistem, maka informasi yang akan kita sampaikan maupun yang akan kita terima tidaklah berjalan sesuai harapan. Jadi ilmu budaya mempelajari atau menjelaskan tentang norma-norma dan budaya yang hidup di masyarakat. Sedangkan sistem informasi adalah suatu jaringan yang saling berhubungan


SUMBER :
https://tyomulyawan.wordpress.com/pengertian-sistem-informasi-pengertian-ilmu-budaya-dasar/
https://afdhalrizqi.wordpress.com/2011/03/02/keterkaitan-antara-ilmu-budaya-dan-sistem-informasi/
https://www.dictio.id/t/apa-keuntungan-mempelajari-sistem-informasi/13080/2

1 komentar:

  1. numpang promote ya min ^^
    Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
    hanya di D*E*W*A*P*K
    dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
    dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)

    BalasHapus