Minggu, 23 Juni 2019

PULANG KAMPUNG (MUDIK)

Posted by Wahyu Aryo Firmansyah on Juni 23, 2019 with 1 comment
Dosen : Dr EDY PRIHANTORO, MMSI




Menurut ahli kajian filsafat Jacob Sumardjo Mudik berasal dari bahasa jawa yang artinya mulih disik (pulang dulu) adalah salah satu momen yang paling ditunggu-tunggu saat menjelang lebaran pulang ke kampung halaman. Bertemu sanak saudara, teman-teman masa kecil dan bernostalgia di tempat yang selalu kita kunjungi di masa lalu. Di Indonesia tradisi mudik sudah menjadi kewajiban, dan tidak lengkap rasanya jika di hari raya idul fitri tidak dapat berkumpul bersama keluarga.

Awal tradisi mudik ini sudah ada sejak zaman kerajaan majapahit. Dahulu para perantau pulang ke kampung halaman untuk membersihkan makam para leluhurnya. Hal ini dilakukan untuk meminta keselamatan dalam mencari rezeki.
Namun istilah mudik lebaran baru berkembang sekitar tahun 1970-an. Saat itu Jakarta sebagai ibukota Indonesia tampil menjadi satu-satunya kota di Indonesia yang mengalami perkembangan pesat.

Bagi penduduk lain yang berdomisili di desa, Jakarta menjadi salah satu kota tujuan impian untuk mereka mengubah nasib. Lebih dari 80 persen para urbanis datang ke Jakarta untuk mencari pekerjaan. Mereka yang sudah mendapatkan pekerjaan biasanya hanya mendapatkan libur panjang pada saat lebaran saja. Momentum inilah yang dimanfaatkan untuk kembali ke kampung halaman.



Sedangkan kondisi lalu lintas di Jakarta lengang saat di tinggal penghuninya pulang kampung warga Jakarta memanfaatkan momen tersebut untuk berolahraga dan ber-foto. Momen ini sangat di manfaatkan masyarakat karna satu tahun sekali saja Jakarta tidak mengalami macet, yaitu saat musim mudik lebaran. mudik menjadi cara yang ampun untuk mengatasi kemacetan di ibukota

1 komentar:

  1. numpang promote ya min ^^
    Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
    hanya di D*E*W*A*P*K
    dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
    dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)

    BalasHapus