Sabtu, 11 Juli 2020

ANALISA JURNAL INTERNASIONAL DAN LOKAL MANAJEMEN LAYANAN SISTEM INFORMASI

Posted by Wahyu Aryo Firmansyah on Juli 11, 2020 with 1 comment
ANALISA JURNAL INTERNASIONAL
Penelitian Teknologi Informasi Service Management (ITSM)

Dalam sistem informasi, Layanan Informasi Teknologi Management (ITSM) telah menjadi daerah penelitian populer di kalangan IS dan peneliti manajemen sebagai akibat dari dorongan industri pengembangan dan kemajuan penelitian  dalam ilmu pelayanan. Dari prespektif akademik, semakin banyak tulisan yang telah terbit menangani banyak aspek masalah ITSM. Ini makalah menyajikan hasil berdasarkan studi kajian komprehensif dari publikasi di ITSM selama dekade terakhir (2000-2010) dengan tujuan menjawab penelitian berikut pertanyaan : apa keadaan saat ini penelitian di ITSM, dari landasan teorits dan penelitian prepektif topik F indings kami menunjukan bahwa :

Dalam sistem informasi, Layanan Informasi Teknologi Management (ITSM) telah menjadi daerah penelitian populer di kalangan IS dan peneliti manajemen sebagai akibat dari dorongan industri pengembangan dan kemajuan penelitian  dalam ilmu pelayanan. Dari prespektif akademik, semakin banyak tulisan yang telah terbit menangani banyak aspek masalah ITSM. Ini makalah menyajikan hasil berdasarkan studi kajian komprehensif dari publikasi di ITSM selama dekade terakhir (2000-2010) dengan tujuan menjawab penelitian berikut pertanyaan : apa keadaan saat ini penelitian di ITSM, dari landasan teorits dan penelitian prepektif topik F indings kami menunjukan bahwa :

Dalam sistem informasi, Layanan Informasi Teknologi Management (ITSM) telah menjadi daerah penelitian populer di kalangan IS dan peneliti manajemen sebagai akibat dari dorongan industri pengembangan dan kemajuan penelitian  dalam ilmu pelayanan. Dari prespektif akademik, semakin banyak tulisan yang telah terbit menangani banyak aspek masalah ITSM. Ini makalah menyajikan hasil berdasarkan studi kajian komprehensif dari publikasi di ITSM selama dekade terakhir (2000-2010) dengan tujuan menjawab penelitian berikut pertanyaan : apa keadaan saat ini penelitian di ITSM, dari landasan teorits dan penelitian prepektif topik F indings kami menunjukan bahwa :


ANALISA JURNAL INTERNASIONAL
Penerapan IT Services Managemen Pada Perusahaan


Pada jurnal yang akan saya review ini membahas penerapat IT Service Management pada suatu perusahaan yang mengacu pada implementasi dan manajemen layanan teknologi informasi yang berkualitas. Manajemen layanan yang efektif itu sendiri merupakan aset strategis dari penyedia layanan, menyediakan mereka dengan kemampuan untuk melaksanakan bisnis inti mereka untuk menyediakan layanan yang memberikan nilai kepada pelanggan dengan memfasilitasi pelanggan hasil yang ingin dicapai

ITIL Memiliki 5 Konsep Dasar

1. Pelayanan Pelanggan
Konsep ini sangat penting untuk mengelola teknologi informasi melibatkan kebutuhan pelanggan menjadi perhatian utama dengan mencukupi kebutuhan dan menjalin hubungan kebersamaan dengan pelanggan

2. Siklus hidup layanan
ITIL memberikan solusi dan sebagai pendukung untuk mempertimbangkan pelayanan manajemen terhadap suatu perusahaan meliputi dampak kinerja, ketersediaan dan anggaran supaya berjalan dengan efisien

3. Konsep proses
Konsep proses ini menunjukan ketahanan dalam kualitas dalam suatu perusahaan. Setiap pihak dalam perusahaan mempunyari tanggung jawab serta peran yang harus dilakukan secara maksimal

4. Kualitas pelayanan
Kualitas pelayanan dapat didefinisikan sebagai peluang untuk menanggapi kebutuhan pelanggan persis seperti yang diperlukan

5. Komunikasi
Salah satu kontribusi dari ITIL adalah komunikasi yang baik ini selaras bahasa antara pelanggan dan supiller. Bahasa ini menghilangkan ambigu ketika supplier berbicara tentang insiden, masalah, perubahan, dll

5 Konsep dasar tersebut sangatlah penting kakrena ITIL memberikan konsep umum serta rangkaian yang terintegrasi sehingga perusahaan dapat beradaptasi, menyesuaikan sesuai dengan kebutuhan bisnis nya serta mengoptimalisasi penyediaan layanan di seluruh supply chain. ITIL menawarkan peluang yang signifikan untuk penyederhanaan dan standarisasi di seluruh partner dagang. ITIL menyediakan proses dan model untuk membantu penyedia layanan untuk bekerja dengan bisnis mereka, pelanggan, user dan pemasok untuk membuat keputusan bisnis mengenai peluang investasi, optimalisasi biaya, manajemen resiko, dan prioritas untuk perbaikan

Jadi kesimpulan dalam jurnal tersebut yaitu konsep ITIL adalah untuk membantu konsumen untuk mendapatkan layanan terbaik dalam hal-hal yang menyangkut tentang IT dan menjadikan sebuah perusahaan lebih banyak di gunakan oleh konsumen karena layanan dan komunikasi yang baikdari help desk atau IT service. Oleh karena itu banyak perusahaan yang sudah mengimplementasikan ITIL sebagai sarana utama bagi konsumen untuk menyampaikan masalah yang sedang di hadapi dan menyelsaikanya dengan cepat. Oleh karena itu banyak konsumen yang puas dan menjadi pelanggan tetap karena mendapat layanan yang baik

ANALISA JURNAL LOKAL
Implementasi ITIL Framework Pada Perancangan Aplikasi Desk Management Berorientasi User


  
Adopsi dari implementasi TI dalam perusahaan memerlukan keselarasan antara proses TI dengan proses bisnis. Information technology infrastructure library adalah salah satu framework ITSM yang menyediakan serangkaian model proses dari fungsi best practice pemberian layanan TI. ITIL digunakan sebagai panduan dalam usaha penyelarasan proses TI dan proses bisnis, terutama yang berkaitan dengan manajemen layanan TI. Service desk merupakan fungsi utama dalam lifecycle service operation . Service desk dirancang sebagai titik kontak tunggal antara pengguna dan penyedia layanan TI

User disini adalah karyawan PT Bakrie Telecom Tbk.
Pada jurnal ini memiliki perumusan masalah antara lain :
1.     Penggunaan sumber daya yang tidak semestinya
2.     Memberikan contoh buruk pada pengguna

Analisa dan kesimpulan :
Service desk management pada penelitian ini sudah terbukti aplikasi nya sudah lebih baik dan dapat difungsikan antara pengguna dan penyedia layanan TI pada PT.Bakrie Telecom Tb. Berdasarkan pengujian pengguna, aplikasi pada penelitian ini telah memiliki desain antar muka yang menarik , tampilan menu yang lebih mudah dipahami, memiliki bahasa dan kosakata yang lebih mudah dipahami , memiliki service catalog yang lebih mudah dipahami, serta memiliki knowledge base yang lebih mudah dipahami.


ANALISA JURNAL LOKAL
Analisis Pengelolaan TI PT.X Dengan Menggunakan ITIL V3, Service Operation


Informasi merupakan sumber daya strategis yang paling penting yang dimiliki oleh perusahaan dan perlu diatur dengan baik. Kunci dari pengumpulan, analisis, produksi dan distribusi infromasi dalam perusahaan berhubungan dengan kualitas dari layanan-layanan TI yang disediakan untuk kelancaran bisnis perusahaan. Penting untuk disadari bahwa layanan-layanan TI bersifat rumit, strategis, dan merupakan aset-aset perusahaan. Oleh karena itu, perusahaan harus menginvestasikan tingkatan-tingkatan yang sesuai dari sumber daya perusahaan menjadi dukungan dan layanan TI yang kritis. Semua perusahaan yang menggunakan TI pasti bergantung terhadap TI untuk sukses.


Kesimpulan / Pembahasaan :
Kesimpulan yang dapat diambil dalam jurnal mengenai “Analisis Pengelolaan TI PT. X dengan menggunakan ITIL v3, service operation” adalah sebagai berikut :

1       Memberikan pedoman dalam pengimplementasikan sistem secara baik dan teratur
2  Memberikan berbagai saran yang dapat berguna bagi pengembangan langkahakan diambil untuk mencapai tujuan bisnis
3       Dapat melakukan penghematan keuangan karena tidak ada pengerjaan ulang.
\
IT Service Management ITSM adalah suatu layanan yang berbasis teknologi informasi yang memberikan sebuah layanan solusi seperti pada bidang bisnis. Layanan ini digunakan untuk meningkatkan efisiensi pelayanan teknologi informasi kepada pengguna yang terdapat dalam framework Information Technology Infrastructure Library. Saat ini ITSM banyak di terapkan di berbagai perusahaan karena fungsinya yang sangat banyak membantu pelanggan dalam melayani pelanggannya.

IT Service Management adalah istilah umum yang menggambarkan pendekatan strategis untuk merancang, memberikan, mengelola dan meningkatkan teknologi informasi (TI) yang digunakan dalam sebuah organisasi. Tujuan dari setiap kerangka IT Service Management yaitu untuk memastikan bahwa proses yang benar, orang dan teknologi berada di tempat sehingga organisasi dapat memenuhi tujuan bisnisnya.


referensi : 






1 komentar: