ANALISA JURNAL INTERNASIONAL
Penelitian Teknologi Informasi Service Management (ITSM)
Penelitian Teknologi Informasi Service Management (ITSM)
Dalam sistem informasi, Layanan
Informasi Teknologi Management (ITSM) telah menjadi daerah penelitian populer
di kalangan IS dan peneliti manajemen sebagai akibat dari dorongan industri
pengembangan dan kemajuan penelitian
dalam ilmu pelayanan. Dari prespektif akademik, semakin banyak tulisan
yang telah terbit menangani banyak aspek masalah ITSM. Ini makalah menyajikan
hasil berdasarkan studi kajian komprehensif dari publikasi di ITSM selama
dekade terakhir (2000-2010) dengan tujuan menjawab penelitian berikut
pertanyaan : apa keadaan saat ini penelitian di ITSM, dari landasan teorits dan
penelitian prepektif topik F indings kami menunjukan bahwa :
Dalam sistem informasi, Layanan
Informasi Teknologi Management (ITSM) telah menjadi daerah penelitian populer
di kalangan IS dan peneliti manajemen sebagai akibat dari dorongan industri
pengembangan dan kemajuan penelitian
dalam ilmu pelayanan. Dari prespektif akademik, semakin banyak tulisan
yang telah terbit menangani banyak aspek masalah ITSM. Ini makalah menyajikan
hasil berdasarkan studi kajian komprehensif dari publikasi di ITSM selama
dekade terakhir (2000-2010) dengan tujuan menjawab penelitian berikut
pertanyaan : apa keadaan saat ini penelitian di ITSM, dari landasan teorits dan
penelitian prepektif topik F indings kami menunjukan bahwa :
Dalam sistem informasi, Layanan
Informasi Teknologi Management (ITSM) telah menjadi daerah penelitian populer
di kalangan IS dan peneliti manajemen sebagai akibat dari dorongan industri
pengembangan dan kemajuan penelitian
dalam ilmu pelayanan. Dari prespektif akademik, semakin banyak tulisan
yang telah terbit menangani banyak aspek masalah ITSM. Ini makalah menyajikan
hasil berdasarkan studi kajian komprehensif dari publikasi di ITSM selama
dekade terakhir (2000-2010) dengan tujuan menjawab penelitian berikut pertanyaan
: apa keadaan saat ini penelitian di ITSM, dari landasan teorits dan penelitian
prepektif topik F indings kami menunjukan bahwa :
ANALISA JURNAL INTERNASIONAL
Penerapan IT Services Managemen Pada Perusahaan
Penerapan IT Services Managemen Pada Perusahaan
Pada jurnal yang akan saya review
ini membahas penerapat IT Service Management pada suatu perusahaan yang mengacu
pada implementasi dan manajemen layanan teknologi informasi yang berkualitas.
Manajemen layanan yang efektif itu sendiri merupakan aset strategis dari
penyedia layanan, menyediakan mereka dengan kemampuan untuk melaksanakan bisnis
inti mereka untuk menyediakan layanan yang memberikan nilai kepada pelanggan
dengan memfasilitasi pelanggan hasil yang ingin dicapai
ITIL
Memiliki 5 Konsep Dasar
1. Pelayanan Pelanggan
Konsep ini sangat penting untuk
mengelola teknologi informasi melibatkan kebutuhan pelanggan menjadi perhatian
utama dengan mencukupi kebutuhan dan menjalin hubungan kebersamaan dengan
pelanggan
2. Siklus hidup layanan
ITIL memberikan solusi dan sebagai
pendukung untuk mempertimbangkan pelayanan manajemen terhadap suatu perusahaan
meliputi dampak kinerja, ketersediaan dan anggaran supaya berjalan dengan
efisien
3. Konsep proses
Konsep proses ini menunjukan
ketahanan dalam kualitas dalam suatu perusahaan. Setiap pihak dalam perusahaan
mempunyari tanggung jawab serta peran yang harus dilakukan secara maksimal
4. Kualitas pelayanan
Kualitas pelayanan dapat
didefinisikan sebagai peluang untuk menanggapi kebutuhan pelanggan persis
seperti yang diperlukan
5. Komunikasi
Salah satu kontribusi dari ITIL
adalah komunikasi yang baik ini selaras bahasa antara pelanggan dan supiller.
Bahasa ini menghilangkan ambigu ketika supplier berbicara tentang insiden,
masalah, perubahan, dll
5 Konsep dasar tersebut sangatlah
penting kakrena ITIL memberikan konsep umum serta rangkaian yang terintegrasi
sehingga perusahaan dapat beradaptasi, menyesuaikan sesuai dengan kebutuhan
bisnis nya serta mengoptimalisasi penyediaan layanan di seluruh supply chain.
ITIL menawarkan peluang yang signifikan untuk penyederhanaan dan standarisasi
di seluruh partner dagang. ITIL menyediakan proses dan model untuk membantu
penyedia layanan untuk bekerja dengan bisnis mereka, pelanggan, user dan
pemasok untuk membuat keputusan bisnis mengenai peluang investasi, optimalisasi
biaya, manajemen resiko, dan prioritas untuk perbaikan
Jadi kesimpulan dalam jurnal
tersebut yaitu konsep ITIL adalah untuk membantu konsumen untuk mendapatkan
layanan terbaik dalam hal-hal yang menyangkut tentang IT dan menjadikan sebuah
perusahaan lebih banyak di gunakan oleh konsumen karena layanan dan komunikasi
yang baikdari help desk atau IT service. Oleh karena itu banyak perusahaan yang
sudah mengimplementasikan ITIL sebagai sarana utama bagi konsumen untuk
menyampaikan masalah yang sedang di hadapi dan menyelsaikanya dengan cepat.
Oleh karena itu banyak konsumen yang puas dan menjadi pelanggan tetap karena
mendapat layanan yang baik
ANALISA JURNAL LOKAL
Implementasi ITIL Framework Pada Perancangan Aplikasi Desk Management
Berorientasi User
Adopsi dari implementasi TI dalam
perusahaan memerlukan keselarasan antara proses TI dengan proses bisnis.
Information technology infrastructure library adalah salah satu framework ITSM
yang menyediakan serangkaian model proses dari fungsi best practice pemberian
layanan TI. ITIL digunakan sebagai panduan dalam usaha penyelarasan proses TI
dan proses bisnis, terutama yang berkaitan dengan manajemen layanan TI. Service
desk merupakan fungsi utama dalam lifecycle service operation . Service desk
dirancang sebagai titik kontak tunggal antara pengguna dan penyedia layanan TI
User disini adalah karyawan PT
Bakrie Telecom Tbk.
Pada jurnal ini memiliki perumusan
masalah antara lain :
1. Penggunaan
sumber daya yang tidak semestinya
2. Memberikan
contoh buruk pada pengguna
Analisa dan kesimpulan :
Service desk management pada
penelitian ini sudah terbukti aplikasi nya sudah lebih baik dan dapat
difungsikan antara pengguna dan penyedia layanan TI pada PT.Bakrie Telecom Tb.
Berdasarkan pengujian pengguna, aplikasi pada penelitian ini telah memiliki
desain antar muka yang menarik , tampilan menu yang lebih mudah dipahami,
memiliki bahasa dan kosakata yang lebih mudah dipahami , memiliki service
catalog yang lebih mudah dipahami, serta memiliki knowledge base yang lebih
mudah dipahami.
ANALISA
JURNAL LOKAL
Analisis Pengelolaan TI PT.X Dengan Menggunakan ITIL V3, Service Operation
Analisis Pengelolaan TI PT.X Dengan Menggunakan ITIL V3, Service Operation
Informasi merupakan sumber daya
strategis yang paling penting yang dimiliki oleh perusahaan dan perlu diatur dengan
baik. Kunci dari pengumpulan, analisis, produksi dan distribusi infromasi dalam
perusahaan berhubungan dengan kualitas dari layanan-layanan TI yang disediakan
untuk kelancaran bisnis perusahaan. Penting untuk disadari bahwa
layanan-layanan TI bersifat rumit, strategis, dan merupakan aset-aset
perusahaan. Oleh karena itu, perusahaan harus menginvestasikan
tingkatan-tingkatan yang sesuai dari sumber daya perusahaan menjadi dukungan
dan layanan TI yang kritis. Semua perusahaan yang menggunakan TI pasti bergantung
terhadap TI untuk sukses.
Kesimpulan / Pembahasaan :
Kesimpulan yang dapat diambil dalam
jurnal mengenai “Analisis Pengelolaan TI PT. X dengan menggunakan ITIL v3,
service operation” adalah sebagai berikut :
1 Memberikan
pedoman dalam pengimplementasikan sistem secara baik dan teratur
2 Memberikan
berbagai saran yang dapat berguna bagi pengembangan langkahakan diambil
untuk mencapai tujuan bisnis
3 Dapat
melakukan penghematan keuangan karena tidak ada pengerjaan ulang.
\
IT Service Management ITSM adalah
suatu layanan yang berbasis teknologi informasi yang memberikan sebuah layanan
solusi seperti pada bidang bisnis. Layanan ini digunakan untuk meningkatkan
efisiensi pelayanan teknologi informasi kepada pengguna yang terdapat dalam
framework Information Technology Infrastructure Library. Saat
ini ITSM banyak di terapkan di berbagai perusahaan karena fungsinya
yang sangat banyak membantu pelanggan dalam melayani pelanggannya.
IT Service Management adalah
istilah umum yang menggambarkan pendekatan strategis untuk merancang,
memberikan, mengelola dan meningkatkan teknologi informasi (TI) yang digunakan
dalam sebuah organisasi. Tujuan dari setiap kerangka IT Service Management
yaitu untuk memastikan bahwa proses yang benar, orang dan teknologi berada di tempat
sehingga organisasi dapat memenuhi tujuan bisnisnya.
referensi :
mantap yu
BalasHapus