Sabtu, 22 Juni 2019

DAMPAK TIK PADA PERUBAHAN BUDAYA MASYARAKAT INDONESIA

Posted by Wahyu Aryo Firmansyah on Juni 22, 2019 with No comments
Dosen : Dr EDY PRIHANTORO, MMSI


Teknologi informasi dan komunikasi pada saat ini sangat berkembang pesat bagi perkembangan budaya masyarakat Indonesia, dari berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi saat ini peran masyarakat sangat besar dari perkembanganya. Hal ini dikarnakan perubahan cepat teknologi informasi telah merubah sebagian budaya masyarkat Indonesia terutama yang tinggal di daerah perkotaan. Masyarakat mampu berinteraksi dan memperoleh informasi dalam waktu yang sangat singkat berkat kemajuan teknologi informasi dan komunikasi.

Masyarakat Indonesia harus mempersiapkan diri untuk pengaruh tik terhadap seluruh kebudayaan Indonesia karena perkembang teknologi saat ini begitu luar biasa terutama yang berhubungan telekomunikasi dan informasi. Kemajuan teknologi informasi juga sangat berpengaruh terhadap budaya sosial dan budaya terhadap kehidupan manusia antara lain cara berkomunikasi,berpakaian dan berperilaku. Nah caranya kita harus cerdik dalam pemakaian teknologi untuk menyaring mana yang positif yang negative.

Dan saya merasakan ada perubahan budaya yang sangat pesat di lingkungan sekitar akibat dari perkembangan teknologi ini, sebenarnya bukan salah teknologinya melainkan maunsianya yang salah menggunakan teknologi yang seharusnya mempermudah kehidupan masyarakat. Salah satunya HP saat ini hampir semua orang memiliki hp terutama di kalangan remaja dan anak-anak. Bahkan saya melihat di gerbong kereta masyarakat sangat sibuk dengan gadget nya masing-masing, dan juga saat mengadakan reuni sma pun sibuk dengan hpnya masing-masing. Sehinga budaya kebersamaan hilang pada saat ini.

Ada positif & negative nya dalam pemakaian teknologi antara lain :
  •     Memudahkan komunikasi antar induvidu
  •   Mempermudah mendapatkan berita dengan cepat dan penyebaran informasi
  •   Mempermudah penyelsaian tugas dan pekerjaan 
Dampak negative nya antara lain :  

  • Meningkatnya budaya plagiat hasil karya orang lain
  • Sara, kekerasan, pronografi menjadi hal yang biasa
  •  Kemudian komunikasi, memicu menimbulkan bisnis-bisnis terlarang seperti   narkoba

Kesimpulan :

Dalam pengunaan teknologi harus cermat bagaimana user tersebut membawa teknologi tersebut, apakah ke arah positif atau negative. Semua kembali ke pengguna masing dalam hal ini demi kemajuan teknologi yang positif 





     

0 komentar:

Posting Komentar